Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (rpp) pjok kelas 5

Satuan pendidikan  : Mi tunjung ketug 
Tema         : Sehat itu penting  (tema 4)
Subtema   : kegiatan berbasis proyek dan literasi 
Pertemuan ke    :  1  
Kelas                     : V (lima) 
semester              : satu 
Alokasi waktu.         : 1hari


A. Kompetensi inti & dasar  (ki/kd)

  • KI 1 : menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang di anutnya
  • KI 2 : memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya diri
  • KI 3 :  mendengar, melihat, membaca dan menanya kegiatannya tentang  benda yang di jumpainya di sekolah  dan tempat bermain 
  • Menyajikan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis  dalam rangka mencerminkan anak sehat serta prilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.

  • KD 3.1 : menerpakan kombinasi gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulasi sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, serta keterhubungan dalam berbagai gerakan pencak silat  sederhana dan tradisional.
  • KD 4.1 : mempraktekkan kombinasi gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulasi sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai gerakan pencak silat  sederhana dan tradisional.

B. Indikator 

  • 3.1 1  : menyebutkan cara melakukan berbagai keterampilan dalam berbagai gerakan pencak silat  sederhana dan tradisional
  • 4.1 1 : mengunakan berbagai keterampilan  dalam berbagai gerakan pencak silat.

C. Tujuan pembelajaran 

  1. Siswa dapat menyebutkan cara melakukan berbagai keterampilan untuk gerakan dan posisi
  2. Siswa dapat menggunakan berbagai keterampilan gerak pencak silat
  3.  Karakter siswa yang diharapkan : religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

D. Kegiatan pembelajaran 

Kegiatan Pembukaan:
  1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (orientasi)
  2. Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (motivasi)
Kegiatan inti
  Langkah-langkah pembelajaran
  • Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi pencak silat  dengan pertanyaan berikut 
●Apa  yang kamu ketahui tentang olahraga raga pencak silat?

 ● apa ciri-ciri  pantun?

● apa pebedaan pantun dan syair ?

  • Guru meminta siswa untuk membaca pantun di depan kelas dengan suara lantang dan percaya diri
  • Pada kegiatan berdiskusi dan menulis pantun: siswa diminta untuk berdiskusi membuat pantun sesuai dengan tema yang telah ditentukan. 
  • Kemudian, siswa menuliskan pantun pada potongannya kertas dan menempelkannya pada kertas manila serta di minta untuk menghiasi kertas manila menjadi lebih menarik 
Kegiatan penutup

  1. Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya  dan menambahkan informasi dari siswa lainnya 
  4. Penugasan dirumah 
  5. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa 

E. Penilaian (asesmen)

Penilaian terhadap materi ini dapat  dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu; dari pengamat sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja  atau hasil karya/proyek dengan rubic penilaian.

 

 




Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele