Lima Tahapan Pembelajaran

 pelaksanaan pembelajaran di kelas meliputi lima tahapan. yaitu; Review, Overview, Presentasi, Exercise dan Summary, yang apabila disingkat menjadi kata (ROPES). masing-masing tahap dapat dijelaskan dalam uraian berikut.

1. Review 

Review merupakan bagian awal dari pelaksanaan pembelajaran. pada tahap ini guru dapat menggunakan waktu sekitar 5 menit. tahap review digunakan guru untuk menjajaki kemampuan yang dimiliki siswa dan mengingat kembali materi sebelumnya.  pada tahap ini tujuannya agar guru dapat mengetahui tingkat pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman siswa. Hal ini perlu dijadikan dasar melaksanakan proses pembelajaran. dengan mengetahui kemampuan awal dan karateristik siswa akan mempermudah dalam pencapaian materi pembelajaran. pentingnya review didasarkan pada alasan-alasan berikut;
  • guru akan dapat memulai pelajaran jika dalam diri siswa telah muncul perhatian dan motivasi untuk belajar.
  • guru akan dapat memulai pelajaran jika interaksi antara guru dan siswa telah terbentuk 
  • guru dapat memulai pelajaran jika siswa memahami hubungan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

2. Overview 

Overview merupakan langkah kedua dalam pelaksanaan pembelajaran. tahap Overview guru menyampaikan program pembelajaran yang akan dipelajari hari ini. Guru menjelaskan garis besar isi yang akan dipelajari dan strategi pembelajaran yang akan digunakan.

3. presentasi 

presentasi adalah tahap penyampaian materi pembelajaran. dalam tahap ini, guru menjelaskan materi-materi penting yang terkait dengan tujuan pembelajaran. secara sederhananya, dalam menyampaikan materi guru perlu berpegangan pada tiga aktivitas yang meliputi. tellin (bercerita), sharing (menunjukkan) dan doing (berbuat).
selling maksudnya guru menjelaskan materi secara lisan. showing maksudnya guru menunjukkan media yang terkait materi yang dijelaskan.  doing maksudnya setelah guru menunjukkan dan menjelaskan siswa diminta untuk melakukan sesuatu tindakannya. dalam mempresentasikan materi dalam kelas guru perlu memperhatikan pedoman berikut;
  • memahami apa yang menjadi keinginan guru 
  • membina hubungan baik dengan siswa 
  • membaca harapan dan kondisi siswa 
  • menentukan target pembelajaran 
  • menggunakan berbagai media 
  • memanfaatkan semua ruangan 
  • memiliki sikap yang tulus 

4. Exercise 

exercise merupakan tahap untuk memberi kesempatan kepada peserta didik melakukan latihan-latihan. yang dimaksud latihan disini adalah latihan menerapkan materi dengan melakukan sesuatu. misalnya, latihan melakukan praktikum di laboratorium. pada tahap ini guru perlu menyiapkan rencana pembelajaran secara jelas. apabila tidak direncanakan secara jelas, siwa akan kesulitan dalam melakukan latihan 

5. summary 

summary merupakan tahap akhir dari pelaksanaan pembelajaran. dalam tahap ini guru menyimpulkan dari materi-materi yang telah di pelajari pada hari itu. 
selain  dari dari kelima tahapan tersebut, diperlukan satu tahapan lagi. yaitu tahap evaluasi. Evaluasi perlu dilakukan guru pada akhir pembelajaran. Evaluasi ini digunakan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran, tingkat penguasaan siswa dan menjadi dasar dalam menyusun perencana berikutnya. Tanpa evaluasi guru akan mengalami kesulitan dalam menyusun perencana untuk pembelajaran berikutnya. 





Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele