sekolah

a). sekolah sebagai agen perubahan 

agen perubahan dapat didefinisikan sebagai satu atau sekelompok orang yang bertangung jawab untuk perubahan kedalam ke dalam pola  prilaku seseorang atau sistem sosial. dengan demikian sekolah sebagai agen perubahan  harus selalu siap untuk berperan melaksanakan fungsinya didalam situasi kerja, karena perubahan itu sendiri diperlukan sebagai alat dalam rangka pemecahan permasalah  yang berbetujuan ke arah kondisi atau keadaan yang lebih baik. 

perubahan dapat terjadi dalam bentuk perubahan yang direncanakan, yaitu perubahan sebagai hasil usaha rekayasa khusus oleh para pemimpin, baik faktor intenal organisasi maupun akibat dorongan perkembangan lingkungan (planned changes).

peranan sekolah yang diharapkan sebagai agen perubahan ialah terwujudnya perubahan nilai-nilai sikap, pola pikir, prilaku intelektual, keterampilan, dan wawasan para siswa sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. proses perubahan para siswa sebagai peserta didik kearah manusia cerdas, yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa. seperti yang tertulis dalam fungsi dan tujuan pendidikan nasional.

" pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu dan martabat manusia indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional, sistem pendikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia  seutuhnya"

b). sekolah  sebagai wawasan wiyatamandala

wawasan wiyatamandala sendiri terdiri  dari buah kata, yaitu wawasan, wiyatamandala dan mandala. wawa  sekolah sebagai  suatu sistem merupakan lembaga yang utuh dan bulat, sebagai kesatuan yang di dalamnya terdiri dari bagian-bagian saling berperan dan berkaitan. dari sisi lain  sekolah juga dapat dipandang sebagai suatu masyarakat yang memiliki kepribadian sendiri.  sekolah sebagai masyarakat belajar  berperan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa  dalam  dalam arti menumbuhkan, memotivasi, dan mengembangkan nilai-nilai budaya mencakup etika, logika, estetika dan praktika, sehingga tercipta manusia indonesia yang utuh dan berakar pada budaya bangsa. oleh sebabn itu sebagai masyarakat belajar sekolah tidak terlepas dari kehidupan masyarakat.
sekolah berada di tengah-tengah masyarakat, maka tata kehidupan yang berkembang dalam masyarakat ikut mewarnai gerak langkah sekolah, baik ekonomi, sosial, budaya maupun bidang kehidupan yang lain. sejarah menujukkan bahwa sekolah lahir dari kebutuhan kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara. maka keberadaan sekolah sebagai sarana dalam mewujudkan salah satu tujuan nasional, ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. oleh karena itu, sekolah merupakan salah satu kebutuhan nasional yang terpisahkan, sebagai tuntutan zaman.

A). schools as agents of change
Change agents can be defined as a group of people who are responsible for changes in a person's behavior patterns or social systems. thus the school as an agent of change must always be ready to carry out its functions in a work situation, because change itself is needed as a tool in the context of problems that agree towards a better condition or condition.

Changes can occur in the form of planned changes, namely changes as a result of special engineering efforts by leaders, both organizational factors and environmental change organizations.

the expected ranking of schools as agents of change in the realization of changes in the values ​​of attitudes, mindsets, intellectual behavior, skills, and insights of school students in accordance with the goals of national education. the process of change of students as learners towards intelligent humans, which is rooted in the cultural values ​​of the nation. as written in the functions and objectives of national education.

"National education functions to develop capabilities and improve the quality and dignity of Indonesian people in the context of realizing national goals, the national education system aims to educate the nation's life and develop human beings as a whole"

b). school as wiyatamandala insight
wiyatamandala insight itself consists of words, namely insight, wiyatamandala and mandala. wawa Sekolah as a system is a whole and unified institution, as a unit in which it consists of interrelated and interrelated parts. from the other side, the school can also be seen as a society that has its own personality. school as a learning society has a role to educate the nation's life in the sense of growing, motivating, and developing cultural values ​​including ethics, logic, aesthetics and practice, so as to create a complete Indonesian man rooted in the nation's culture. therefore, as a society, learning is inseparable from community life.
the school is in the midst of society, so the order of life that develops in the community will also color the movements of the school, be it economic, cultural, or other areas of life. History shows that schools were born from the needs of the nation, society and state. hence the existence of schools as a means of realizing one of the national goals, namely the intellectual life of the nation. therefore, school is one of the integral national needs, as a record of the times.
acceptance of new and transfer students

penerimaan siswa/siswi baru dan pindahan

#ayomadrasah-madrasahbisa
#berilmumanfaatbertenologi
#iklas-beramal 


Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele