Media Pembelajaran

a). pengertian media 

menurut association of education communication technology, Media berarti segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. kata media berasal dari bahasa latin yaitu medium yang berarti tengah, perantara atau pengantar. berdasarkan pengertian ini, maka media pembelajaran dapat diartikan sesuatu hal yang berfungsi sebagai perantara penyampaian pesan atau informasi dalam proses pembelajaran. Sekarang ini telah tersedia berbagai media pembelajaran, mulai dari media yang sederhana sampai media yang berteknologi tinggi. oleh sebab itu guru perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Guru perlu memiliki pengetahuan untuk memilih dan menggunakan berbagai media pembelajaran yang tersedia 

b). fungsi dan manfaat media 

  penggunaan media pembelajaran memiliki beberapa fungsi diantaranya;

  • media sebagai sumber belajar, maksudnya media yang digunakan oleh guru dapat berfungsi sebagai tempat dimana bahan pembelajaran itu berada. wujud media pembelajaran sebagai sumber belajar dapat berupa manusia, benda, peristiwa yang memungkinkan peserta didik memperoleh bahan pembelajaran.
  • media sebagai alat bantu, maksudnya media mempunyai fungsi untuk membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. dengan media pembelajaran guru dapat menyampaikan materi lebih menarik.  dengan bantuan media  pembelajaran siswa akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari. 
selain memiliki fungsi diatas, penggunaan media pembelajaran juga memiliki banyak manfaat. media dalam proses pembelajaran memiliki manfaat sebagai berikut;

  • proses pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
  • bahan pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa 
  • metode pembelajaran akan lebih bervariasi 
  • media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan waktu 
  • dapat  memperjelas dan menyajikan pesan dan informasi dalam  belajar 
  • dapat memberikan kesamaan pengalaman pada diri siswa.
c). Jenis-jenis Media 

  1. media auditif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suaranya saja. misalnya  radio, tipe recorder,  dan sebagainya. Media auditif tidak cocok untuk pembelajaran orang tuli atau orang yang mengalami gangguan pendengaran.
  2. media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. misalnya gambar, slide, film strip. media  visual ada yang diam dan ada yang bergerak
  3. media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. misalnya  film atau video cassette.
berdasarkan perkembangan teknologi, Media pembelajaran dapat dibedakan menjadi empat kelompok, yakni ; 1)media teknologi cetak, 2) media hasil teknologi audio-visual,  3) media yang bedasarkan komputer dan 4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer. Lebih lanjut dijelaskan bahwa dilihat dari teknologinya media pembelajaran dapat digolongkan menjadi dua yakni media  tradisional dan media yang berteknologi mutakhir.

media pembelajaran yang termasuk dalam kategori media  tradisional adalah;

  • visual diam yang diproyeksikan, misalnya; slide, filmstrip, dan proyeksi overhead 
  • visual yang tidak diproyeksikan, misalnya; Gambar, disterilkan, foto, grafik, diagram dan papan info.
  • visual dinamis yang diproyeksikan, misalnya; film, televisi dan radio 
  • cetak, misalnya; buku teks, modul, majalah ilmiah dan lainnya 
  • permainan, misalnya; teka-teki, simulasi dan lainnya 
sedangkan media yang termasuk dalam kategori teknologi mutakhir adalah ;

  • media yang berbasis telekomunikasi misalnya; teleconference, video call dan lainnya 
  • media  berbasis micropropesor, misalnya; compact disc (vidio), hypermedia, interaktif, permainan computer  dan sistem tutor intelejen
d). pemilihan media 

      dalam pemilihan media pembelajaran perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut;

  1. dalam menggunakan media hendaklah telah dikenal oleh  siswa 
  2. pemilihan media pembelajaran perlu hendaklah disesuaikan dengan sifat pelajaran 
  3. media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan dan pola belajar siswa 
  4. kondisi lingkungan mempunyai pengaruh tehadap penggunaan media 

Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele