Metode Pembelajaran
metode adalah cara yang digunakan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. metode pendidikan berarti cara-cara yang dipakai oleh guru agar tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
a) pemilihan metode
pemilihan metode pendipendidikan sangat di tentukan oleh bentuk pendidikannya. minimal ada tiga bentuk pendidikan yang telah berlangsung dalam proses pendidikan. pertama bentuk pendidikan otoriter bentuk ini menempatkan pendidikan sebagai orang yang berkuasa, sedangkan peserta didik ditempatkan sebagai obyek. kedua bentuk pendidikan liberal, bentuk ini menempatkan kebebasan hak individu peserta didik. dan ketiga bentuk pendidikan demokratisasi, bentuk pendidikan ini menempatkan pendidikan dan peserta didik dalam posisi seimbang. dari ketiga bentuk tersebut pendidikan akan memilih metode apa yang sesuai dengan bentuk pendidikan yang diterapkannya. dalam proses pembelajaran pendidik dalam memilih metode pembelajaran sebaiknya memilih hal-hal sebagai berikut;
- tujuan pendidikan
- kemampuan pendidik
- kebutuhan peserta didik
- isi atau materi pembelajaran
b). metode pembelajaran skripsi
dalam dunia pendidikan ini muncul keyakinan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien diperlukan metode mampu mengaktifkan peserta didik. maka muncullah istilah cara belajar siswa aktiv (CBSA). maksudnya, dalam proses pembelajaran guru perlu mengunakan metode yang mampu mengaktifkan peserta didik. sayangnya untuk mengaktifkan siswa seringkali guru hanya menggunakan metode bertanya atau berdiskusi, padahal banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan peserta didik. diantaranya seperti yang diutarakan dibawah ini;
1. critical insidental (pengalaman penting) metode ini biasanya digunakan pada saat memulai pembelajaran. tujuannya, untuk mengaktifkan siswa sejenak dimulainya pelajaran dengan menggunakan pengamanannya. metode ini sangat tepat jika materinya bersifat praktis. langkah-langkah metode ini adalah;
- guru menyampaikan materi yang akan disampaikan dalam pertemuan ini
- guru meminta pada siswa untuk mengingatkan pengalaman siswa yang berhubungan dengan materi yang disampaikan.
- guru memberi kesempatan siswa untuk mengingat-ingat pengalamannya
- guru menanyakan kepada siswa tentang pengalaman yang tidak dilupakan
- guru menyampaikan materi dengan menghubungkan pengalaman yang dimiliki siswanya.
- guru menyampaikan topik yang akan disampaikan dalam pertemuan ini.
- bagikan siswa menjadi beberapa kelompok kecil
- masing-masing kelompok diminta untuk menembak materi secara garis besar
- guru menyampaikan materi secara interaktif dengan siswanya.
- diakhir pembelajaran, siswa diminta untuk menghitung berapa materi yang sesuai tebakannya.
- guru membuat tiga ataupun empat pertanyaan yang berkaitan dangan pengetahuan siswa, sikap, pengalaman, keterampilan dan harapan siswa.
- membagi siswa kedalam kelompok
- setiap siswa berilah satu pertanyaannya untuk menjawabnya.
- siswa menanyakan pertanyaan pada temannya pertanyaan dan jawabannya
- siswa diminta setiap kelompok mendiskusikan dan menyusun laporan
Comments
Post a Comment