perbaikan sistem pendidikan dan pembinaan guru
pendidikan diyakini mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan seseorang. oleh sebab itu, dalam rangka mewujudkan guru profesional perlu dikaji sistem pendidikan guru. pendidikan guru mencakup pendidikan prajabatan guru dan pendidikan dalam jabatan guru serta lisensi guru.
- pendidikan prajabatan guru, pendidikan tinggi atau fakultas yang ada di indonesia dipandang kurang berhasil dalam menyiapkan guru profesional. banyak faktor yang menjadikan penyebabnya, salah satu penyebabnya adalah rendahnya penghargaan yang di berikan masyarakat maupun pemerintah terhadap propesi guru. akibatnya, propesi guru kurang menarik bagi calon mahasiswa untuk memasuki propesi guru, sebagian besar calon mahasiswa yang berkwalitas lebih memilih propesi selain guru. Berdasarkan pada kondisi ini, sebagai pelaksanaan prajabatan guru perlu ditingkatkan lagi kwalitasnya. salah satu cara untuk meningkatkan kwalitas prajabatan guru adalah dengan meningkatkan kesejahteraan guru. tujuannya agar calon mahasiswa yang memiliki kwalitas tinggi akan tertarik untuk memasuki jabatan guru. dengan memperoleh calon mahasiswa yang berkwalitas maka lulusan untuk memasuki jabatan guru lebih meningkat kwalitasnya.
- pendidikan dalam jabatan guru, ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu hal yang statis, akan tetapi ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami perubahan secara dinamis. perkembangan ilmu pengetahuan dapat terjadi setiap saat dan dimana saja. oleh sebab itu, untuk mewujudkan guru profesional guru perlu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan tersebut. Guru yang tidak mampu mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan akan tertinggal. Hal ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan guru profesional diperlukan guru yang setiap saat mau meningkatkan ilmu pengetahuannya.
- Lisensi guru, dalam rangka mewujudkan guru profesional perlu adanya lisensi yakni izin berkarya sebagai Guru. Untuk menjadi guru seseorang mendapat izin terlebih dahulu. Lisensi atau izin berkarya ini perlu dievaluasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya, setiap 5 tahun izin diberikan kepada guru dilakukan evaluasi. jika dari evaluasi menunjukkan yang bersangkutan tidak memenuhi kualifikasi propesi guru maka izin sebagai Guru perlu dicabut. Tujuannya agar setiap guru senantiasa meningkatkan kemampuannya.
perbaikan kesejahteraan guru
untuk mewujudkan guru profesional dapat ditempuh dengan meningkatkan kesejahteraan gaji guru. sementara ini gaji guru di indonesia dinilai msih sangat rendah bahkan dikatakan gaji guru sebulan habis dimakan satu hari. tentu saja kondisi ini sangat menyedihkan. rendahnya gaji guru akan berimplikasi pada kwalitas guru. Gaji guru yang tidak dapat memenuhi kebutuhan akan mengakibatkan sebagian guru akan mencari penghasilan lain, akibatnya guru kurang dapat berkonsentrasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai Guru
peningkatan peran organisasi propesi guru
- organisasi propesi guru perlu diberikan kekuatan agar mempunyai wibawa. pemberian kekuatan yang dimaksud dengan memberikan kewenangan pada organisasi propesi guru untuk memberikan lisensi berkarya bagi guru. saat ini untuk organisasi propesi guru di berikan kewenangan untuk memberikan lisensi masih sulit diwujdiwujudkan. karena berdasarkan undang-undang guru dan dosen pasal 11 (2), menyebutkan bahwa sertifikat pendidikan diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki pengadaan tenaga pendidik yang terakreditasi. selanjutnya dalam pasal 42, disebutkan bahwa organisasi propesi guru memiliki kewenangan;
- menetapkan dan menegakkan kode etik guru.
- memberikan bantuan hukum kepada guru.
- memberikan perlindungan propesi guru.
- melakukan pembinaan dan pengembangan propesi guru
- melaksanakan program pascasarjana bagi guru dan dosen
- peningkatan pengelolaan tenaga kependidikan
- mengadakan proyek pengembangan pendidikan guru
- melaksanakan pendidikan guru berdasarkan kompetisi.
Comments
Post a Comment