Pelaksanaa Pembelajaran Di Kelas

 Pelaksanaan pembelajaran di kelas di mulai dua langkah penting yakni; pertama, persiapan di kelas dan kedua, membuka pelajaran. Sebagai langkah awal, kedua langkah tersebut akan menentukan proses selanjutnya.

1). Persiapan di kelas

   Sebelum membuka pelajaran, guru perlu melakukan persiapan yang baik. agar langkah persiapan ini dapat berjalan dengan baik, maka guru perlu datang lebih awal dari waktu yang telah dijadwalkan. tujuannya agar guru dapat menyiapkan pengajaran secara baik. Persiapan  pengajaran dapat diartikan memeriksa dan mengatur segala hal yang diperlukan dalam proses pembelajaran.  hal-hal yang  dipersiapkan mencakup bahan pengajaran, media pengajaran dan per-alatan pengajaran.

a). menyiapkan bahan pelajaran . 

    sebelum membuka pelajaran, sebaiknya guru memeriksa dan mengatur bahan pengajaran.  bahan pengajaran yang dimaksud meliputi; perangkat rencana pembelajaran, buku, modul, lembar tugas, dan bahan-bahan lainnya. bahan-bahan tersebut diperiksa kelengkapannya.

b). menyiapkan media pengajaran 

      Sebelum pelajaran dimulai, guru perlu memeriksa fungsi media dan mengatur penempatannya serta guru memastikan apakah media yang akan digunakan itu dapat  berfungsi dengan baik. Guru  juga perlu mempertimbangkan pandangan siswa terhadap media. oleh karena itu  media harus secara jelas dapat dilihat oleh siswanya.

2). membuka pelajaran 

   setelah pesiapan dianggap cukup, langkah selanjutnya adalah membuka pelajaran. kegiatan membuka pelajaran meliputi;
  1. (mengucapkan salam pembuka) pada saat membuka pelajaran,pertama guru mengucapkan salam pembuka. kata-kata salam pembuka biasa dilakukan dengan mengucapkan "Assalamualaikum warohmatull wabarokatuh atau selamat pagi anak-anak" guru perlu melakukan dengan sikap yang benar dan bersungguh-sungguh saat  mengucapkan salam pembuka.
  2. (memimpin doa). Setelah mengucapkan salam pembuka, guru memimpin doa bersama. berdoa bersama ini harus dilakukan dengan khidmat dan sungguh-sungguh. oleh sebab itu pada  saat memulai doa guru menenangkan siswa terlebih dahulu, setelah tenang barulah guru memberikan perintah untuk memulai berdoa bersama.
  3. (mengabsen siswa)  guru perlu mengabsen siswa. tujuannya untuk mengetahui siswa yang hadir dan siswa yang tidak hadir, sekaligus untuk mengetahui penyebab ketidak hadirannya.
  4. (menyampaikan informasi) guru dapat menyampaikan informasi penting yang terkait dengan kegiatan akademik. misalnya, informasi tentang waktu  pelaksanaan tes semester ataupun lainnya. tujuannya untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran di kelas 
  5. (memotivasi siswa) guru perlu memotivasi belajar siswa. tujuannya supaya siswa dalam proses pembelajaran, memiliki pengarahan/tuntunan  serta merasa mendapat perhatian dari guru. dalam memotivasi belajar siswa, guru perlu menyadari bahwa untuk mengunakan motivasi perlu memperhatikan kondisi siswa, situasi, dan kondisi yang melingkupinya.


Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele