Pengelolaan kelas

 pengertian Pengelolaan kelas yaitu suatu usaha yang dilaksanakan penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantunya dengan maksud agar tercapai suatu kondisi optimal sehingga terlaksana kegiatan belajar mengajar dapat dicapai seperti yang diharapkan, secara sederhana pengelolaan kelas berarti kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran. pengelolaan kelas secara baik pada dasarnya mewujudkan suatu kondisi belajar yang optimal sehingga peserta didik terangsang untuk mengikuti proses pembelajaran. pengelolaan kelas sebagai salah satu tugas utama guru sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. oleh sebab itu, seorang guru perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup agar mampu melaksanakan berbagai hal yang terkait dengan masalah pengelolaan kelas. pengelolaan kelas secara baik dimaksudkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

a). kelas efektif 

pengelolaan kelas yang efektif sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. kelas yang efektif, guru tidak mengajar siswa tetapi guru membelajarkan siswa. pengelolaan kelas yang efektif berarti menempatkan siswa sebagai subyek yang aktiv  bukan menempatkan siswa sebagai subyek yang pasif, dan dikembangkan menjadi enam langkah yang meliputi;

  • perencanaan 
  • perumusan bebagai tujuan 
  • pemaparan perencanaan pembelajaran 
  • strategi pembelajaran 
  • penutupan proses pembelajaran 
  • evaluasi 
untuk mewujudkan kelas efektif guru dapat membagi perhatiannya kepada beberapa kegiatan dalam waktu bersamaan. membagi perhatian yang dilakukan oleh guru dapat dilakukan dengan dua cara yakni, dengan cara visual dan cara verbal. dengan cara visual, yaitu guru dapat mengubah pandangan yang tertuju pada kegiatan pertama  ke kegiatan kedua tanpa harus kehilangan perhatian pada kegiatan pertama.  sedangkan cara verbal yaitu guru guru memberikan komentar dan penjelasan terhadap aktivitas peserta didik, sementara guru memimpin dan terlibat supervisi pada pada peserta didik.

b). keterampilan pengelolaan kelas 

  keterampilan pengelolaan kelas  terbagi  menjadi dua keterampilan. pertama, keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal. kedua, keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal.
keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal terdiri dari beberapa keterampilan sebagai berikut ;
1). keterampilan sikap tanggap terdiri dari
  • gerak mendekati siswa
  • memberikan pertanyaan 
  • reaksi terhadap gangguan 
2).memembagi perhatian 
  • perhatian secara visual
  •  dan perhatian secara verbal 
3). memusatkan perhatian pada kelompok
  • memberi tanda dan mampu menarik perhatian peserta didik 
  • pertanggungan jawab
  • pengarahan dan petunjuk yang jelas 
  • penghentian gangguan pada siswa,  yang dilakukan oleh siswa lainnya yang  mengganggu kegiatan  belajar 
  • penguatan pada siswa yang mendapat teguran 
  • kecepatan dan menganalisis siswa yang mengalami kesulitan belajar 


Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele