pengorganisasian materi pembelajaran

 bahwa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien, guru dituntut memiliki kemampuan dalam memilih dan  pengorganisasian materi pembelajaran secara tepat.  kesulitan guru dalam memilih dan mengorganisasikan materi disebabkan kurikulum dan silabus sebagai pedoman penyusunan materi hanya memuat pokok-pokok materi.  selanjutnya guru dituntut mampu menjabarkan pokok-pokok materi itu secara rinci. Tugas ini akan dapat dilakukan oleh guru jika ia memiliki kompetensi yang baik dalam memilih dan mengorganisasikan materi pembelajaran. 

1. klasifikasi materi 

Untuk dapat memilih dan mengorganisasikan materi, perlu diuraikan konsep dan klasifikasi materi terlebih dahulu.  klasifikasi materi pelajaran itu meliputi aspek konsep, prinsip, fakta, proses, nilai dan keterampiketerampilan. dengan pendapat ini berarti materi pembelajaran itu merupakan satu kesatuan materi yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan serta sikap. dan dapat  didefinisikan sebagai berikut;

  • konsep adalah suatu ide atau gagasan atau suatu pengertian umum 
  • prinsip adalah suatu kebenaran dasar sebagai titik tolak untuk berfikir atau merupakan suatu petunjuk untuk berbuat /melaksanakan sesuatu.
  • fakta adalah sesuatu yang telah terjadi atau yang dikerjakan/dialami 
  • proses adalah serangkaian perubahan atau gerakan-gerakan perkembangan 
  • nilai adalah suatu pola, ukuran atau merupakan suatu tipe/model
  • keterampilan adalah kemampuan berbuat sesuatu dengan baik.

2. sumber materi

sumber materi adalah bahan rujukan, referensi atau literatur yang digunakan. sumber materi akan  digunakan guru dalam memilih dan mengorganisasikan materi, tujuannya agar materi pembelajaran yang dipilih guru menjadi lengkap. Banyak sumber yang dapat digunakan untuk memperoleh bahan yang lengkap. seringkali guru beranggapan bahwa sumber materi pelajaran hanya diperoleh dari buku pelajaran. tentu anggapan itu sangat keliru, karena masih banyak sumber-sumber lain yang dapat digunakan untuk memperoleh bahan pembelajaran. sumber materi yang dapat digunakan guru dalam memilih dan mengorganisasikan materi. sumber-sumber  materi pelajaran  antara lain;
  • buku teks, yang dimaksud buku teks disini adalah semua buku karangan yang diterbitkan. meliputi buku pelajaran, kamus,ensiklopedi, buku ilmiah dan buku-buku lainnya 
  • internet, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seseorang sangat memungkinkan informasi yang luas. karena  internet merupakan salah satu sumber informasi yang sangat kaya. oleh sebab itu guru dalam memperoleh bahan pembelajaran dapat melalui  internet. 
  • jurnal,  guru dapat menggunakan jurnal sebagai sumber untuk memperoleh materi pembelajaran dan guru dapat memilih jurnal  yang relevan dengan materi pembelajarannya 
  • majalah, selain buku pelajaran majalah merupakan sumber yang sangat baik sebagai sumber pelajaran khususnya majalah yang dirancang sebagai sumber pelajaran 
  • koran, merupakan sumber materi yang kaya akan informasi yang diperlukan dalam pembelajaran. koran telah menyediakan materi pembelajaran terutama yang terkait dengan konsep dan fakta


Comments

Popular posts from this blog

Supervisi Dalam Managemen Berbasis Sekolah

PERBAWASLU NOMOR 7 TAHUN 2017 tentang kampanye

budidaya lele